Redmi 4A On Box | Image Source: Dokumentasi Pribadi
Redmi 4A On Box | Image Source: Dokumentasi Pribadi

Harga dan Spesifikasi Lengkap Redmi 4A Indonesia

Posted on

Harga dan Spesifikasi Lengkap Redmi 4A IndonesiaBeberapa waktu yang lalu, kita telah mengabarkan bahwa Xiaomi akan mendistribusikan smartphone Redmi 4A yang akan diproduksi oleh PT Satnusa di Batam, dan pada tanggal 2-5 Maret 2017 kemaren, Redmi 4A sudah resmi dirilis di Indonesia dan hanya dijual melalui situs Erafone sebagai distributor resmi Xiaomi. Sebelum membahas lebih jauh mengenai Redmi 4A, silahkan dilihat lebih dulu Harga dan Spesifikasi Singkat Redmi 4A dibawah ini:

HARGA DAN SPESIFIKASI REDMI 4A

Harga

Rp. 1.499.000

Bodi

139.9  x 70.4 x 8.55 mm, 131.5 gram

Layar

Layar 5″ HD (ukuran diagonal)

Resolusi 1280 x 720, 296 PPI, rasio kontras 1000:1

Prosesor

Snapdragon 425 quad-core 1.4GHz maks

RAM

2 GB

Kamera

13 MP Belakang & 5 MP Depan

GPU

Adreno 308 500MHz

Storage

16 GB, microSD up to 128 GB

Baterai

3120 mAh

Sistem
Operasi

MIUI 8.1 (Android 6.0.1)

Jaringan

Dual-SIM 4G

Sensor

Infrared, Gyroscope, Accelerometer, Proximity sensor, Ambient
light sensor

ISI BOKS

Redmi 4A, power adapter, kabel USB 2.0, pernyataan garansi,
panduan pengguna, alat SIM insertion

Desain dan Layar

Redmi 4A memiliki layar 5″ dan bisa dibilang cukup besar dan cerah dengan dukungan HD. Dengan desain minimalis dan bezel yang cukup tipis membuat Redmi 4A nyaman di genggaman. Dibandingkan dengan beberapa versi Redmi Distributor yang tidak dibuat di Indonesia, body Redmi 4A lebih terasa padat dan tidak licin ketika sedang digunakan. pada case belakang di sisi bagian atas dan bawah terdapat sebuah garis yang jika dilihat dari samping akan terlihat seperti iPhone, garis ini melewati bagian layar dan flash di bagian atas dan untuk dibagian bawah terletak di bawah speaker dari sisi kiri ke sisi kanan.

Redmi 4A Unboxing | Image Source: Dokumentasi Pribadi
Redmi 4A Unboxing | Image Source: Dokumentasi Pribadi

Layar Redmi 4A buatan Indonesia memiliki dimensi 5” dengan kualitas HD, untuk penggunaan dibawah sinar matahari, dengan mode otomatis membuat kayar sangat nyaman untuk dilihat. Mungkin dari kalian ada yang bertanya, apakah Redmi 4A bisa digunakan untuk bermain game berat? TechOnReview sudah mencoba Redmi 4A untuk emmainkan game yang cukup lumayan ‘berat’ yaitu Ashpalt 8, dan cukup mengejutkan, Game bisa berjalan dengan baik dan dengan tampilan yang sangat memuaskan. Lihat gambar dibawah ini untuk melihat tampilan game Redmi 4A.

Redmi 4A seperti pendahulunya, memiliki 3 tombol di bagian kanan yang berfungsi sebagai Volume Up dan Volume Down, kemudian satu tombol power. Pada layar depan ada 3 tombol touch yang berfunsi untuk kembali ke Menu di bagian tengah, kemudian tombol Back di sisi kanan dan juga tombol Recent Apps di bagian kiri. Dibawah tombol Menu, terdapat Lampu Indikator yang bisa berkedip sesuai warna yang sudah kita setting di bagian menu seperti lampu Indikator berwarna Hijau, Biru, Putih dan Merah.

Konektivitas

Masalah konektivitas, Redmi 4A sudah mengusung teknologi 4G LTE karena sudah memenuhi standar TKDN dan dibuat di Indonesia, berbeda dengan Redmi 3 sebelumnya yang masuk ke Indonesia tanpa membawa jaringan 4G karena belum memenuhi standard dan prosedur yang sudah di tentukan di Indonesia.

Jaringan 4G yang dibawa oleh Redmi 4A ini berada di banyak frekuensi, diantaranya yaitu frekuensi FDD-LTE di jaringan B1,B3,B4,B5,B7,B20. Kemudian juga TD-LTE du jaringan B38 dan B40. Untuk koneksi 3G, Redmi 4A berada di jaringan WCDMA dengan frerkuensi B1,B2,B5,B8. Sedangkan untuk jaringan 2G berada di jaringan GSM dengan frekuensi B2, B3,B5,B8. Setidaknya, dengan banyaknya frekuensi yang di dukung, bisa mengurangi kehilangan signal kita ketika berada di pelosok desa yang belum terdapat jaringan 4G, guys.

Redmi 4A dalam hal ini juga sudah menyematkan Bluetooth 4.1 dan juga Bluetooth HID untuk membantu pengiriman File antar smatrtphone. ditambah dengan pemancar Wi-fi 801.11 b/g/n, 2.4GHz Wi-Fi dan Wi-Fi Direct agar pengguna tidak kesulitan untuk tersambung dengan koneksi nirkabel disekitarnya.

Performa

Berbicara mengenai performa, Redmi 4A sudah bisa dibilang memiliki performa yang bagus. Dengan harga yang di tawarkan, Redmi 4A membawa RAM 2GB dan juga dibekali dengan prosesor Snapdragon 425 quad-core 1.4GHz maks dan Adreno 308 500MHz.

Prosesor yang di usung ini terbukti mampu memainkan Game berat maupun HD, jadi jika kalian mencari rekomendasi smartphone untuk Gaming, Redmi 4A tidak akan mengecewakan, guys. Untuk penggunaan Multitasking, smartphone ini juga sangat ringan, hal ini didukung dengan interface MIUI 8 Global ROM yang memang sangat pas untuk melihat performa asli Redmi 4A.

Penyimpanan

Redmi 4A menyediakan penyimpanan memory internal sebesar 16GB saja, dipotong untuk sistem sebesar 8GB, memory bawaannya masih sisa 8GB lagi. Tapi tenang saja, Redmi 4A bisa ditambahkan Micro SD Up To 128GB, jadi tidak perlu khawatir tentang hal ini.

Yang perlu dikhawatirkan yaitu untuk pengguna yang ingin menggunakan Dual SIM tapi juga ingin menambahkan memory Internal, karena seperti smartphone kekinian lainnya, slot SIM Redmi 4A adalah Hybrid, jadi jika kalian ingin menggunakan Dual SIM, maka pengguna tidak bisa menambahkan mikro SD, dan jika pengguna ingin menambahkan Mikro SD, maka hanya bisa menggunakan satu sim saja.

Kamera

Pada bagian belakang, Redmi 4A dibekali dengan kamera 13MP dengan resolusi tinggi, artinya kamera ini sudah sangat cukup untuk membantu pekerjaan anda sehari hari, baik untuk mengambil gambar landscape maupun foto bareng keluarga. Kamera utama ini  memiliki Lensa 5-elemen, aperture ƒ/2.2, Flash LED tunggal, Low light enhancement, HDR mode, Panorama dan Mode burst. Sebagai contoh, dibawah ini TechonReview lampirkan Hasil Kamera Redmi 4A.

Sedangkan untuk kamera depan, smartphone ini dibekali dengan kamera 5MP yang sudah sangat cukup untuk mengambil swafoto atau selfie maupun foto bersama Groufie.  Kamera depan ini juga memiliki fitur Face recognition dan juga Filter real-time.

Baterai

Kapasitas Baterai Redmi 4A | Image Source: en.miui.com
Kapasitas Baterai Redmi 4A | Image Source: en.miui.com

Untuk kapasitas baterai, Redmi 4A membawa baterai dengan kapasitas 3120mAh (typ) / 3030mAh (min) baterai kapasitas besar dan Non-removable jadi tidak bisa dilepas, dan untuk pengisian bisa menggunakan daya 5V/1A. Setelah pemakaian hampir 1 minggu ini, TechOnReview memberikan kesimpulan bahwa kekuatan baterai Redmi 4A tidak bisa diremehkan, pasalnya untuk sekali pengecasan penuh, baterai bisa bertahan selama hampir 20 jam pemakaian normal dengan pengguaan data dan sosial media tentunya.

Jadi, baterai ini cukup tangguh untuk menemani pengguna sehari hari, bahkan, xiaomi mengklaim bahwa dalam posisi standby, baterai Redmi 4A bisa bertahan selama 7 hari, awesome bukan?

Kelebihan Redmi 4A

Ada beberapa kelebihan yang terdapat pada Redmi 4A ini, yaitu:

  • Harga Terjangkau
  • Baterai Awet
  • Layar HD dan cukup memuaskan saat digunakan.
  • Case belakang terasa padat dan tidak licin

Kekurangan Redmi 4A

Namun, ada juga beberapa kekurangan Redmi 4A menurut kami, yaitu:

  • Belum menggunakan Android 7.0 (meskipun sudah dijanjikan bakal menerima update, tapi belum untuk saat ini)
  • Flash kamera belum Dual Tone.

Harga Redmi 4A

Di indonesia, Redmi 4A dijual dengan harga Rp. 1.499.000, jadi  jika kalian sedang mencari mengenai Daftar Harga Smartphone Redmi 4A Terbaru, kalian bisa menemukannya di artikel ini. (/tor)

asus vivobook s510 gamingasus vivobook s510ua-db71miui 8.2miui 9 redmi 3s prime