12 Fitur Baru dan Utama dari MIUI 9

12 Hal Baru dan Fitur Keren dari MIUI 9

Posted on

Techonreview.com – 12 Fitur Baru dan Utama dari MIUI 9 – Pada 26 Juli 2017 kemaren resmi telah merilis Sistem Operasi terbaru yaitu MIUI 9. MIUI pertama kali dirilis oleh Xiaomi pada bulan Agustus 2010 dan hingga saat ini MIUI sudah tersedia dalam 55 Bahasa di 142 Negara dengan pengguna aktif sekitar 280 juta (sebanyak penduduk Indonesia saat ini). Nah, dalam update terbaru ini, Xiaomi kembali memberikan sesuatu yang membuat MiFans -sebutan untuk pecinta MIUI-  merasakan stabilitas dan performa yang luar biasa dengan mengusung tema Lightning Fast.

MIUI 9 Key Feature: Lightning Fast : source: en.miui.com
MIUI 9 Key Feature: Lightning Fast : source: en.miui.com

Sejak awal, Xiaomi sudah menegaskan bahwa untuk mengedepankan Fitur yang menarik dalam Sistem Operasi mereka yang dibutuhkan adalah Update MIUI Version bukan Android Version. Dalam hal ini misalnya, tidak semua yang mendapat update MIUI 9 akan otomatis update ke Android Nougat, bahkan ada yang masih bertahan di Android Lolllipo ataupun Marshmallow, tapi hal tersebut tidak menjadi hambatan untuk mendapatkan fitur terbaru, seperti Split Screen misalnya? Nah, biar cepat, disini Techonreview akan membahas mengenai 12 fitur terbaru yang terdapat pada MIUI 9, baca terus sampai akhir ya.

1. Lightning Fast MIUI 9

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa MIUI 9 akan mengusung tema Lightning Fast, disini Mifans akan bisa merasakan bahwa MIUI 9 bisa menyala lebih cepat dan lebih responsif. Selain itu ada 3 fitur uta,a yang diunggulkan dengan adanya Lightening Fast ini, diantaranya yaitu Image Search, Smart Assistant dan Smart App Launcher. Fitur-fitur ini nantinya akan memungkinkan pengguna untuk mengakses semua aplikasi secara cepat hanya dengan beberapa klik saja.  Selain itu, pembaruan ini juga merombak dan menyederhanakan lebih dari 50 fitur dari versi MIUI 8. Masih bingung dengan Lightning Fast? Lihat video dibawah ini untuk lebih jelasnya.

2. Lightning Fast And Stable System

Lightning Fast And Stable System | source: en.miui.com
Lightning Fast And Stable System | source: en.miui.com

Seperti yang kita tahu bahwa setelah lama digunakan, kebanyakan smartphone Android akan mengalami penurunan performa, hal ini terjadi karena beberapa alasan, namun alasan yang paling menjadi sorotan yaitu sistem smartphone tersebut tidak teroptimasi dengan baik. Pada MIUI 9 ini, Xiaomi memastikan bahwa dengan melakukan update akan ada beberapa perubahan besar yang akan dirasakan pengguna, diantarnya yaitu adanya tambahan fitur baru yang membuat MIUI 9 bisa teroptimasi dengan baik seperti Automatic Cleaning, Real-Time Anti-Fragmentation, Critical Background Acceleration dan banyak lagi optimasi lain yang tentu akan sangat meningkatkan performa smartphone.


Video diatas merupakan sebuah tes yang dilakukan dengan menggunakan Mi 6 dengan sistem operasi MIUI 9, huawei P10 dengan sistem operasi EMUI 5.1 dan Samsung S8 dengan sistem operasi SE8.1. Ketiga ponsel tersebut adalah smartphone keluaran terbaru dari 3 produsen besar, dan bagaimana hasilnya setelah dilakukan 6 jam tes secara bersamaan mengenai performa? Kalian lihat sendiri video diatas. 😀

3. Quicker Launch-times

Quicker Launch-times | source: en.miui.com
MIUI 9 Bisa membuka Aplikasi Lebih Cepat dari OS Sebelumnya | source: en.miui.com

Quicker Launch-times membuat MIUI 9 bisa membuka aplikasi lebih cepat daripada sistem operasi sebelumnya. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Rahasianya yaitu karena pada MIUI 9 adanya optimasi pada 3 sistem diantaranya yaitu Optimized Heptic Feedback,Intelligent CPU Acceleration dan  Optimized Thread Scheduling dimana ketiga sistem ini membuat aplikasi memprioritaskan aplikasi yang ingin digunakan oleh pengguna, sehingga meskipun kalian bermain game dan ingin membuka aplikasi lain, maka aplikasi tersebut akan terbuka dengan cepat.

Quicker Launch-times | source: en.miui.com
Quicker Launch-times | source: en.miui.com

Untuk mencoba fitur ini, Xiaomi kembali telah melakukan tes kecepatan menggunakan Mi 6 dengan sistem operasi MIUI 9, huawei P10 dengan sistem operasi EMUI 5.1 dan Samsung S8 dengan sistem operasi SE8.1.  Uji coba ini yaitu dengan menginstall 50 Aplikasi populer yang ada di Cina dan hasilnya MIUI 9 memimpin dengan membuka 43 aplikasi lebih cepat daripada Samsung S8 dan Huawei P10. Lihat video dibawah ini jika masih belum percaya.

4. Dynamic Resource Allocation

Dynamic Resource Allocation | source: en.miui.com
Dynamic Resource Allocation | source: en.miui.com

Dynamic Resource Allocation adalah sebuah kecerdasan yang disematkan dalam MIUI 9 untuk lebih kritis dalam mengalokasikan sumber daya data sehingga membuatnya bisa memilih apa yang harus diprioritaskan untuk membuat MIUI 9 lebih cepat, lancar dan smooth. Untuk melihat bagaimana fitur ini bekerja, lihat video dibawah ini:

  • Pada bagian pertama video ini, xiami mencoba melakukan tes dengan membuka aplikasi secara bersamaan, dan di satu waktu tersebut juga melakukan download file yang besar di background.
  • Pengujian kedua merupakan uji latensi, dimana ketiga smartphone sama sama memainkan game dengan grafik besar dan membutuhkan data berbarengan dengan mendownload file yang besar di latar belakang.

5. Image Search

Fitur kelima yang juga termasuk fitur unggulan dari MIUI 9 adalah Image Search, yaitu sebuah logaritma baru yang bisa memudahkan pengguna untuk menemukan gambar dan foto yang terdapat di dalam Smartphone berdasarkan Lokasi, Ekspresi, Orang, Acara, Dokumen, bahkan Screenshoots. Semua gambar itu bisa dicari hanya dengan mengetikkan keyword yang di Inginkan. Penambahan Fitur ini dilakukan karena Xiaomi melihat bahwa pada masa kini, Kamera Smartphone yang ada memiliki kualitas yang sangat bagus dan menjadikannya sebagai alat fotografi utama bagi pengguna. Tentu saja, karena seringnya digunakan, tentu saja foto yang ada akan menumpuk dan membuat pengguna malas untuk melihat dan mencari foto foto yang sudah lama. Untuk itulah mengapa fitur ini sangat diperlukan.

Image Search | source: en.miui.com
Image Search | source: en.miui.com

Di MIUI 9, Image Search menjadikan hal tersebut sangat mudah, sebagai contoh, katakanlah bahwa hari ini adalah hari Valentine, maka pengguna yang ingin megirimkan foto kepada pasangannya maka dia bisa mencari dengan mengetikkan keyword ‘My Wife and I’, maka otomatis foto-foto tersebut akan segera muncul dengan cepat, cukup keren bukan? Tidak cukup sampai disitu, dalam pencarian gambar ini, pengguna juga bisa melakukan pencarian berdasarkan ekspresi, terutama untuk foto foto bayi dengan kata kunci ‘cute, smiling, wink, open mouth, tongue out’ dan lain sebagainya .  Nilai plus juga dia juga bisa digunakan untuk mencari gambar dokumen penting pribadi, seperti paspor, kartu kredit, business card dan kartu ATM.

Baca juga: Perbandingan Fitur MIUI 7 vs MIUI 8

6. Smart Assistant

Smart Assistant MIUI 9 | source: en.miui.com
Smart Assistant MIUI 9 | source: en.miui.com

Smart Assistant, merupakan fitur yang sudah ada sejak MIUI 8 dirilis, fitur ini tidak dihilangkan di MIUI 9 tetapi malah dibekali dengan pembaruan pembaruan yang cukup keren, dengan menggeser home ke arah kiri, maka halaman Smart Assistant akan muncul. Fitur ini berfungsi untuk memberikan asistensi kepada pengguna dan juga akses cepat ke aplikasi aplikasi yang di inginkan dan juga paling sering di gunakan. Diantaranya yaitu bisa menambahkan shortcut dan notifikasi khusus aplikasi tertentu. Dibawah ini Techonreview sertakan gambar gambar dari Smart Assistant.

7. Smart App Launcher

Smart App Launcher
Smart App Launcher

Fitur selanjutnya yaitu Smart App Launcher, fitur ini cukup menarik, kenapa? Karena benar benar akan dibutuhkan oleh kita guys. Cara kerja Smart App Launcher diantaranya yaitu, semisal pengguna menemukan nama yang asing dalam artikel yang dia baca di salah satu portal berita atau di dalam sebuah chat, maka pengguna bisa menekan lama kata atau istilah atau link yang mereka tidak tau, maka akan muncul informasi tentang hal tersebut di bagian bawah layar. Jadi, tidak perlu keluar dari aplikasi untuk mencari tau tentang hal hal yang asing buat pengguna. Keren kan?

8. Split Screen

Fitur selanjutnya yaitu fitur yang menurut techonreview.com paling ditunggu tunggu oleh Mifans dalam update ini, fitur tersebut yaitu Split Screen, fitur ini merupakan fitur andalan di Android N dan sudah ada di beberapa smartphone High End. Cukup mudah untuk membuat Split Screen di MIUI 9 nantinya, karena pengguna hanya perlu menekan tombol Recent App dan memilih aplikasi mana yang akan di Split, kemudian pilih Split Screen Mode di bagian pojok sebelah kiri lalu drag aplikasi tersebut ke bagian atas. Jadi kita bisa tetap melihat youtube berbarengan dengan menggunakan WhatsAapp misalnya.

Split Screen di MIUI9 | source: en.miui.com
Split Screen di MIUI9 | source: en.miui.com

Namun demikian, tidak semua aplikasi bisa melakukan split screen karena alasan teknis dan bisa mengurangi kenyamanan. Untuk aplikasi bawaan misalnya, aplikasi Dialer tidak akan bisa masuk ke dalam Split screen.

Sementara untuk aplikasi pihak ketiga yang di download dari Play Store, maka harus ada 2 hal yang dilakukan, diantaranya yaitu:

  • Aplikasi pihak ketiga membutuhkan versi yang terbaru dan sudah mendukung Split Screen View.
  • Ada beberapa aplikasi juga yang jika menggunakan fitur Split Screen menjadi eror dan tidak berfungsi, maka aplikasi tersebut juga tidak akan bisa digunakan dalam Split Screen.

9. Notification Filter

Notification Filter Pada MIUI 9 | source: en.miui.com
Notification Filter Pada MIUI 9 | source: en.miui.com

Fitur kesembilan ini sudah ada di MIUI 8, tapi belum ada banyak pengguna yang tau. Jadi, notification Filter bisa membuat pengguna mengatur apakah notifikasi sebuah aplikasi menganggu atau tidak, dan jika dirasa mengganggu, maka pengguna bisa mematikannya dengan membuka menu notification dengan menarik layar bagian atas, lalu geser notofikasi ke sebelah kiri dan notifikasi itu akan disembunyikan. Simple bukan?

10. Home screen Customization

Home screen Customization | source: en.miui.com
Home screen Customization | source: en.miui.com

Pada MIUI 9 ini, ada beberapa fitur yang di desain ulang untuk memberikan kesan simple tapi powerfull, diantaranya yaitu Home Scren Custumization ini, dimana kini hanya ada 3 menu yang berfungsi sebagai menu untuk merubah Wallpaper, menambahkan Widget dan pengaturan layar utama. Simple but good.

11. 3 Tema baru

Untuk MIUI 9, ada penambahan 3 tema baru yang diberi nama Limitless, Color Fantasy dan Cool Black. Perbedaan terlihat ketika kita memperhatikan bagian Dock, dimana tidak ada tes yang tertulis lagi dibagian bawahnya, cukup simple dan flat. Jadi buat kalian yang penasaran ada gak sih Wallpaper dan Tema baru di MIUI 9, jawabannya adalah ADA! heheu. Coba lihat, menurut kalian mana yang paling keren?

12. Waktu Peluncuran MIUI 9 China Developer

  • 11 Agustus 2017: MIUI 9 China Developer ROM untuk Mi 6, Mi 5X dan Redmi Note 4X akan dirilis secara Publik
  • 25 Agustus 2017: MIUI 9 China Developer ROM untuk Mi MIX, Mi Note 2, Mi 5, Mi 5s, Mi 5s Plus, Mi 5c, Mi Max 2, Mi Max 32G, Mi Max 64G/128G, Mi 4S, Mi 4c, Mi Note Pro, and Redmi 4X akan dirilis secara publik.
  • Akhir September 2017:  MIUI 9 China Developer ROM untuk Smartphone Xiaomi dan Redmi Seri lainnya akan dirilis secara publik

Sementrara itu ada juga seri smartphone xiaomi yang tidak akan mendapatkan update MIUI 9, smartphone tersebut yaitu Mi 1/1s dan Mi 2A. Jadi, fitur mana yang kalian ingin coba, Mifans?. (./tor)

 

download tema pure iOS 11asus vivobook s510 ukdownload apple iphone x mtzmiui 9 for redmi 3smiui 9 for redmi note 4redmi note 4 miui 9