Perbandingan Fitur MIUI 7 vs MIUI 8

Posted on

Techonreview.comPerbandingan Fitur MIUI 7 vs MIUI 8 – Xiaomi sebentar lagi dipastikan akan merilis MIUI 9, meskipun masih sedikit sekali bocoran tentang MIUI 9 hingga saat ini. Nah, sebelum hal itu benar benar terjadi, Techonreview disini akan membahas mengenai Perbandingan Fitur dari 2 versi MIUI sebelumnya yaitu MIUI 7 dan MIUI 8.

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa dengan adanya update mayor, tentu saja ada beberapa fitur yang ditambahkan di versi terbaru dan ada juga fitur yang dihilangkan dari versi sebelumnya. Padahal, terkadang pengguna lebih membutuhkan fitur yang terdapat di versi yang lama. Benar begitu bukan? Nah, buat pengguna Xiaomi yang belum tahu apa yang hilang dari MIUI 7 dan apa yang baru di MIUI8, bisa membaca sampai akhir artikel ini. Pembahasan ini sendiri merupakan hasil komparasi dari salah seorang anggota MIUI Device Team dengan username ‘cherri94‘ dengan menggunakan device REDMI NOTE 3.

Ada beberapa fokus bahasan yang akan disorot pada pembahasan ini, diantaranya yaitu mengenai Fitur Baru dan Lama, manajemen RAM, Game, Kualitas Kamera, Pencadangan Baterai, dan Masalah Pemanasan pada gadget. Daripada penasaran, yuk kita bahas lebih jauh.

Perbedaan Fitur

Banyak pengguna MIUI pada umumnya tidak tahu sama sekali mengenai fitur-fitur yang hilang ketika mereka menggunakan MIUI 7, kenapa? Karena pengguna cenderung terburu-buru melakukan update sebelum melihat detail yang ada. Diantara fitur kecil yang hilang dari MIUI 7 yaitu fitur blur pada kamera.

Menurut Techonreview, hilangnya fitur ini merupakan hal yang sangat disayangkan, mengingat dengan adanya Filter Blur bisa membuat foto pengguna menjadi Bokeh dan keren. Eits, bukan hanya fitur ini saja yang hilang loh, fitur lain yang tidak muncul di MIUI 8 yaitu menu Cloud Gallery, coba lihat gambar dibawah jika kalian lupa bagaimana tampilan gallery pada MIUI 7.

Fitur Cloud Gallery Pada MIUI 7
Fitur Cloud Gallery Pada MIUI 7

Menu Cloud pada Gallery di MIUI 7 ini sangat berguna untuk melihat apakah foto yang ada di Cloud sudah sesuai dengan apa yang kita ingingkan, jadi pengguna bisa memantau penyimpanan yang ada pada Cloud tanpa membuka browser ataupun desktop. Meskipun tidak semua pengguna care dengan ini, tapi tentu saja ada banyak pengguna yang sangat kecewa bukan?

Fitur lain yang juga berubah, tetapi sebenarnya tidak terlalu penting yaitu, perubahan Font pada Notification Bar Area, dimana pada MIUI 7 Fonts yang digunakan cenderung lebih kecil dan kemudian pada MIUI 8 terlihat lebih besar.

Manajemen RAM

Sekarang mari kita berbicara tentang manajemen RAM di MIUI 7 dan MIUI 8. Pada booting pertama MIUI 7 biasanya menyisakan Free RAM sebesar 1.7 GB di mana saat itu redapat lebih dari 30 aplikasi yang terinstal, bahkan jika digunakan untuk multitasking MIUI 7 tetap memperlihatkan pengelolaan RAM yang mengagumkan. Hal ini bisa dibuktikan ketika pengguna memainkan sebuah game dengan grafis yang cukup tinggi dengan tingkat kecerahan layar diatas 70% lalu kemudian di Minimize untuk membuka aplikasi lain, bisa dipastikan bahwa pengguna tetap bisa melanjutkan permainan yang sempat terhenti tanpa melakukan load dari awal, awesome bukan?

Manajemen RAM MIUI 7 vs MIUI 8
Manajemen RAM MIUI 7 vs MIUI 8

Sementara MIUI 8 untuk Manajemen RAM sedikit kewalahan, dimana pertama kali start saja dia hanya menyisakan Free RAM sebesar 1.5 GB, cukup banyak selisih dengan MIUI 7 sekitar 200 MB. Apakah ini sangat berpengaruh? Tentu saja, dengan semakin berkurangnya RAM, membuat proses multitasking akan terganggu. Hal ini terbukti karena ketika digunakan untuk bermain game lalu kemudian meninggalkannya dalam waktu 10 menit untuk membuka aplikasi lain dengan game seperti yang dimainkan pada MIUI 7, dia tidak dapat bertahan dan memulai booting dari awal.

Gaming

Setelah melihat perbedaan performa RAM dari MIUI 7 dan MIUI 8, sekarang kita akan membahas mengenai kinerja Game dari kedua versi ini, khususnya untuk masalah mana yang paling cepat panas baterainya dan juga mana yang paling boros baterainya. Untuk itu diatakan tes dengan memainkan Game dengan grafik yang cukup tinggi yang dirilis oleh Pixelbite berjudul Xenowerk dalam posisi Jaringan 4G on dan notifikasi seluruh aplikasi tetap masuk selama 15 menit, selama itu baterai yang terpakai hanya 7% dan ketika memulai memainkan game RAM yang tersisa sekitar 650 MB dengan 12 aplikasi yang berjalan di background. mengesankan sekali bukan? Untuk lebih enaknya, silahkan dilihat video dibawah ini:


Sementara untuk MIUI 8, tetap sama dalam hal ringannya dalam memainkan game berat, sedikit perbedaan yang yaitu MIUI 8 lebih boros baterai daripada MIUI 7.

Camera

Dari segi kamera, cherri94 mengambil kesimpulan bahwa aplikasi kamera pada MIUI 7 lebih mempunyai kemampuan daripada kamera pada MIUI 8, hal ini dibuktikan bahwa kamera MIUI 7 lebih cepat dan mulus dalam segi pengambilan gambar tanpa adanya delay yang lama, selain itu kamera pada MIUI 7 juga memiliki kualitas gambar yang lebih mengagumkan daripada kamera yang terdapat di MIUI 8. Untuk melihat hasil kamera dari MIUI 7, dia juga melampirkan beberapa hasil pengambilan gambar dia dalam berbagai mode yang dilakukan dari dalam kereta api.

sementara untuk MIUI 8 memiliki sedikit performa yang berbeda, diantaranya yaitu pengambilan gambar HDR terkesan agak lambat jika dibandingkan dengan MIUI 7 dan hilangnya filter mode Blur seperti yang kita bahas diatas. Selain itu, hasil kamera pada MIUI 8 juga tetap terlihat bagus dan memiliki ketajaman warna yang sangat menakjuban, khususnya pada pengambilan gambar makro. Untuk memperkuat bukti bahwa dalam mode HDR MIUI 8 terkesan lebih lambat, silahkan dilihat video dibawah ini:

Jadi, sebenarnya pihak xiaomi sudah melakukan perbaikan performa dalam segi kualitas gambar dan akurasi warna menjadi lebih baik.

Pengecasan Batreai dan Masalah Pemanasan

Sudah dijelaskan diatas bahwa perbandingan antara MIUI 7 dan MIUI 8 ini dilakukan dengan menggunakan device Redmi Note 3, dan disini Redmi Note 3 mempunyai salah satu fitur yaitu pengisian baterai dengan cepat, nah ketika dilakukan percobaan, dalam MIUI 7 baterai yang pada awalnya 4% hanya dibutuhkan waktu sekitar 2 jam 30 menit hingga baterai benar benar penuh dalam keadaan tidak dipakai sama sekali.

Sementara itu, pada MIUI 8, pengecasan dengan baterai sekitar 4% memerlukan waktu sekitar 3 jam 10 menit, ini membuktikan bahwa MIUI 8 cenderung lebih lambat dalam melakukan pengisian baterai dibandingkan dengan MIUI 7.

Dan untuk suhu device, selama pemakaian di India MIUI 7 paling panas hanya menyentuh angka 37 derajat, namun ketika menggunakan MIUI 8, panas baterai bisa mencapai 45 derajat.

Nah, diatas adalah sedikit perbedaan mengenai MIUI 7 vs MIUI 8, kalo kalian lebih suka yang mana, guys? MIUI 7 atau MIUI8? tulis alasan kalian dikomen ya. (./TOR)

miui 9 for redmi note 4 downloadredmi 4x